Cari Blog Ini

05 Oktober 2013

Tips dan Cara Menghentikan Cegukan

Cegukan, berawal dari pengalaman pribadi saya waktu itu, entah apa yg sudah saya makan sehingga saya mengalami penyakit,,,, hmm dibilang penyakit sih juga bukan kayaknya -_-. Iya benerr cegukan!!
Saya pikir cegukan waktu itu hanya hal yg biasa saja, karena saya juga sering mengalami cegukan setelah makan yang biasanya hanya beberapa saat saja. Namun cegukan kali ini saya anggap cegukan versi akut, karena sudah 3 hari tidak sembuh-sembuh, nahh saya mulai takut andaikan cegukan itu tidak sembuh selamanya, ntar bisa masuk “7 orang yg tidak bisa berhenti cegukan versi won the spot” lgi -_-.
Dan setelah saya cari-cari akhirnya ketemu juga “10 cara Menghilangkan Cegukan dengan mudah”
Dan langsung saja, berikut cara-caranya:

1. Makan
Beberapa makanan disebut-sebut mampu menghentikan cegukan, misalkan gula, selai kacang, atau es krim. Lemon yang dilapisi gula juga disebut mampu meredakan cegukan. Cara kerjanya sama dengan minum dan bernapas, makanan akan mengganggu kontraksi diafragma, sehingga meredakan cegukan. Namun perlu diingat, yang diperlukan hanya satu sendok gula, jangan terlalu banyak.
2. Pengalihan perhatian
Mengalihkan perhatian secara fisik diketahui mampu meredakan cegukan dengan sendirinya. Reader’s Digest Kanada menyarankan Anda untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga membuat Anda merasakan sensasi sakit. Kemudian alihkan perhatian Anda dari cegukan pada rasa sakit pada tangan.
3. Selai kacang
Satu sendok makan selai kacang juga bisa menghilangkan cegukan. Alasannya sama, yaitu karena selai kacang yang begitu lengket sehingga bisa mengubah irama napas.
4. Jeruk nipis
Mengunyah seiris lemon segar dapat mengganggu pola impuls saraf vagus, yang dapat menghilangkan cegukan. Selain menguyah, variasi juga bisa dilakukan pada irisan jeruk nipis, seperti mengisap seiris asinan jeruk nipis atau memakannya.
5. Minyak kayu putih
Beri minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.
6. Gula
Mengonsumsi sesendok gula bisa membuat cegukan pergi. Ini karena gula dapat menyesuaikan diri saat berada di tenggorokan. Sehingga, perlahan bisa menghentikan cegukan seseorang.
7. Tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan
Cara ini memang trik lama. Tapi ampuh mengatasi cegukan. Cara kerjanya ialah, merangsang syaraf dari otak ke diafragma agar membuat dada menjadi lapang sehingga cegukan perlahan hilang.
8. Meminum air
Meminum air juga dapat mengatasi cegukan. Pasalnya, saat seorang menelan air, secara tak langsung hal ini bertujuan melancarkan tenggorokan dan diafragmanya. Sehingga perlahan-lahan cegukan hilang.
9. Dikejutkan
Mengejutkan seseorang atau mengalihkan perhatian secara mental, perlahan dapat menghilangkan cegukan. Mintalah seseorang untuk mengagetkan Anda. Merasa terkejut akan mengubah siklus napas Anda. Selain itu, mental Anda yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.
10. Mengonsumsi makanan asam
Mengonsumsi makanan asam seperti cuka, perlahan bisa menghilangkan cegukan. Pasalnya, rasa asam menstimulus pernapasan seseorang. Saat wajah mengernyit keasaman, pada kondisi itulah cegukan dihilangkan.

Yahh semoga cara tadi dapat membantu temen-temen semua untuk menghentikan cegukan yg sering mengganggu.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar